This is my experience, I believe it can be successful if we are always serious because success for all

Diberdayakan oleh Blogger.

Teknologi Cerdas untuk Masa Depan

Berbicara soal teknologi memang seperti tidak ada habisnya karena teknologi sendiri berkembang dengan sangat pesat mengikuti perkembangan zaman. Teknologi saat ini sudah sangat akrab dengan keseharian setiap manusia, baik itu orang dewasa, remaja bahkan anak-anak sekali pun. Kemudian teknologi itu sendiri memiliki berbagai macam fungsi yang tentu saja sangat membantu manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, mulai dari membantu memudahkan pekerjaan dikantor, membantu mengerjakan tugas sekolah, membantu kita mencari informasi dari internet bahkan dengan teknologi kita bisa berkeliling dunia hanya dengan duduk dirumah saja.

Sebut saja handphone, sebuah alat kecil dan kalau orang awam mungkin menganggap handphone sebagai pengganjal pintu, tapi saya rasa tidak ada yang beranggapan begitu karena hampir semua orang mengenal barang yang satu ini. Piranti pintar yang satu ini memiliki peran yang sangat penting bagi setiap orang. Mungkin saja bisa dikatakan bahwa semua orang telah memiliki alat yang satu ini, walau pun kecil tapi mempunyai pengaruh yang besar:



Handphone sendiri memiliki banyak fungsi dan memberikan manfaat bagi penggunanya. Diantara fungsi handphone yaitu bisa digunakan untuk melakukan panggilan jarak jauh (menelpon), mengirimkan pesan singkat kepada orang lain menggunakan fasilitas short message service (sms), sebagai hiburan karena kita bisa memainkan game di handphone, sampai mengelilingi dunia maya untuk menemukan informasi atau sekedar hiburan dengan fasilitas yang kita kenal dengan sebutan internet.

Selain dengan berbagai macam fitur atau kegunaan diatas tentunya ada alasan lain yang membuat handphone sangat familiar dengan masyarakat, yaitu karena harganya yang sangat terjangkau. Dengan harga yang murah bukan berarti kita mendapatkan handphone yang kurang greget karena sekarang ini sudah banyak handphone-handphone yang diterbitkan oleh vendornya dengan menyisipkan berbagai teknologi canggih dan Teknologi Cerdas dijual dengan harga yang merakyat.

Diatas adalah sedikit gambaran tentang bagaimana peran dari handphone bagi kehidupan dan untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari. Tentunya selain perangkat handphone masih banyak lagi teknologi-teknologi canggih lainnya yang sangat berguna bagi kita, khususnya teknologi yang mampu atau bisa membantu kita mengerjakan tugas-tugas kita sehari-hari dalam bidang pekerjaan dan juga membantu kita untuk lebih mudah dan cepat mendapatkan informasi yang belum kita ketahui. Apa sajakah teknologi-teknologi tersebut? Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Komputer



Komputer adalah sebuah teknologi yang bisa dikatakan sebagai teknologi yang paling hebat. Bagaimana tidak, dengan komputer bisa menciptakan hal-hal baru seperti merancang sebuah kendaraan, mendesain bangunan, mencetak stiker tempel untuk menghias motor atau mobil dan masih banyak yang lainnya. Komputer juga merupakan alat penting yang sangat berguna bagi kehidupan manusia sehari-hari. Sebagai contoh saja bahwa komputer banyak digunakan dihampir seluruh perusahaan-perusahaan besar atau pun kecil, bahkan komputer juga menjadi sebuah bahan pembelajaran bagi para siswa disekolah.

Komputer juga mempunyai kinerja yang lebih hebat daripada perangkat sejenis lainnya seperti laptop atau netbook. Hal ini disebabkan karena komputer memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dan juga bisa diupgrade sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang kita miliki. Komputer memiliki ketahanan atau waktu pemakaian yang relatif lebih lama. Namun komputer tidak cocok bagi orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari, misalnya saja seperti pengusaha yang sering pergi keluar kota karena komputer terdiri dari alat-alat yang berukuran besar sehingga hanya bisa digunakan dirumah saja.

2. Netbook dan Notebook atau Laptop



Perangkat teknologi ini pada dasarnya memiliki kinerja yang sama dengan komputer. Namun yang membedakan yaitu Notebook dan Notebook atau Laptop ini bisa dibawa kemana-mana dan sangat cocok digunakan bagi orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi seperti pengusaha, pelajar, mahasiswa dan lain-lain. Tetapi perangkat ini memiliki sedikit kelemahan dibandingkan dengan komputer, yaitu kinerja yang tidak sebagus perangkat komputer karena spesifikasi yang berbeda dan juga tidak bisa diupgrade sesuai dengan keinginan kita. Namun tetap saja Netbook dan Notebook atau Laptop ini sangat penting dan bisa menjadi pilihan selain komputer.

Tapi perlu diingat bahwa kedua teknologi ini yaitu Netbook dan Notebook atau Laptop memiliki perbedaan. Netbook hanya bisa digunakan untuk pekerjaan yang ringan-ringan saja, misalnya untuk mengetik, berselancar didunia maya, bermain game-game ringan yang tidak menguras RAM dan lain-lain. Hal ini disebabkan karena spesifikasi yang tertanam pada Netbook tidak begitu tinggi. Berbeda halnya dengan Notebook atau Laptop, perangkat teknologi yang satu ini bisa digunakan untuk melaksanakan pekerjaan yang agak berat misalnya saja menjalankan program-program atau software besar dan berat yang memerlukan banyak RAM seperti Adobe Photoshop dan lain-lainnya. Notebook atau Laptop juga bisa digunakan untuk memainkan game-game kelas atas karena pada umumnya Notebook atau Laptop telah disertai dengan spesifikasi yang cukup tangguh.

Namun tetap saja kinerja Netbook dan Notebook atau Laptop tidak lebih baik dari komputer. Dari segi biaya juga Notebook atau Laptop lebih mahal daripada komputer karena untuk mendapatkan Notebook dengan spesifikasi tinggi kita harus membayar dengan harga yang cukup besar, sedangkan komputer kita bisa merakitnya sendiri sehingga biaya pun sedikit menyusut.

3. Radio



Perangkat yang satu ini juga bisa dikatakan sebagai sebuah teknologi karena dengan radio kita bisa mendapatkan informasi yang belum kita ketahui. Selain itu dengan radio kita juga bisa mendapatkan hiburan dengan mendengarkan musik-musik yang diputar oleh stasiun-stasiun radio yang ada. Namun ada kekurangan yang paling kentara dari perangkat yang satu ini karena kita hanya bisa mendengar suara saja dan tidak bisa melihat langsung gambar penyiarnya secara langsung.

4. Televisi



Perangkat keras yang satu ini juga merupakan sebuah teknologi. Bahkan televisi sudah dimiliki oleh hampir seluruh manusia dimana pun dia berada. Kegunaan televisi juga pada dasarnya sama dengan radio, yaitu sebagai media untuk mendapatkan informasi. Namun ada kelebihan yang dimiliki oleh televisi dibandingkan dengan radio, yaitu adanya gambar yang semakin memudahkan penonton untuk menangkat berita yang disampaikan.

Selain sebagai sumber informasi ternyata televisi juga memiliki fungsi lain, yakni sebagai media hiburan, karena ditelevisi sering ditayangkan film-film kartun yang bisa dijadikan hiburan untuk melepas kepenatan. Melalui televisi kita juga bisa memainkan sebuah permainan karena rata-rata televisi pada saat ini telah dilengkapi permainan oleh para vendornya. Satu lagi kelebihan yang menonjol, yaitu televisi bisa dimiliki oleh semua golongan masyarakat karena harganya yang terjangkau dan hemat.

Diatas adalah contoh jenis-jenis teknologi yang sedang tenar saat ini. Semua teknologi diatas memiliki fungsinya masing-masing dan juga memiliki kelebihan tersendiri sehingga sangat berguna untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari. Kemudian apakah dimasa yang akan datang akan ada sebuah Teknologi Cerdas dengan segala keunggulan yang bisa menggebrak semua teknologi-teknologi yang sudah tercipta dan akan menimbulkan pengaruh positif yang besar? Tentu saja ada. Bahkan sangat besar peluang bahwa teknologi-teknologi yang akan muncul dimasa depan adalah revolusi dari teknologi yang sudah ada sekarang ini.

Berbicara mengenai seperti apa teknologi yang akan muncul dimasa yang akan datang, seperti yang sudah disinggung diatas bahwa kemungkinan itu adalah sebuah revolusi dari teknologi yang ada sekarang ini. Contohnya saja sebuah handphone, saat ini handphone tampil dengan bentuk yang elegan dan simpel. Bukan tidak mungkin dimasa yang akan datang akan muncul sebuah Teknologi Cerdas berupa handphone dengan tampilan yang transparan dan dengan teknologi yang super canggih.

Bukan hanya perangkat handphone saja yang akan mengalami perubahan. Tetapi juga teknologi lain seperti komputer yang tampil dengan bentuk dan spesifikasi yang semakin garang dan tentunya kemampuannya tidak usah ditanyakan lagi. Apalagi yang paling menakjubkan adalah teknologi dibidang transportasi. Saat ini sudah ditemukan dan sudah mulai diproduksi mobil terbang yang mampu melayang diudara seperti halnya pesawat terbang. Lalu seperti apa kira-kira penampilan komputer dimasa depan? Mungkin seperti ini:







Kemudian, apakah manfaat teknologi, khususnya dibidang pendidikan?

Teknologi ternyata tidak hanya berguna bagi para pekerja-pekerja yang setiap hari bergelut dengan komputer, seperti pengusaha, karyawan dan sebagainya. Ternyata teknologi juga memiliki manfaat bagi para pelajar maupun para pengajar (dalam bidang pendidikan) yang tentu saja bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang lebih cerdas dan pandai. Lalu apa sajakah manfaat teknologi dibidang pendidikan, seperti pelajar dan pengajar?
Dibawah ini adalah contohnya:

1. Membantu kita untuk lebih cepat mendapatkan informasi

Mungkin kita sudah sangat familiar dengan kata "Buku adalah Gudang Ilmu" yang mengungkapkan bahwa dengan membaca buka maka kita akan mendapatkan banyak ilmu. Tetapi ternyata ada istilah lain yang tidak kalah dengan istilah diatas yaitu "Internet adalah Pintu Dunia". Istilah ini diungkapkan karena dengan keberadaan internet maka siapa saja bisa mengetahui tentang apa yang terjadi didunia saat ini.

Begitu pun bagi dunia pendidikan, para siswa mungkin sangat membutuhkan internet untuk menemukan informasi-informasi yang tidak mereka temui didalam buku pelajaran, misalnya mencari rumus yang tidak ada didalam buku, mencari pengertian suatu istilah dan lain sebagainya. Bagi para guru atau pengajar internet juga diperlukan karena mereka bisa mendapatkan materi pembelajaran yang akan diajarkan kepada para siswa yang bisa didapatkan secara gratis. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi pelajar dan guru karena mereka tidak perlu susah-susah mencari ketempat lain dan juga melalui internet semuanya bisa didapatkan dengan mudah.

2. Belajar lebih mudah dengan adanya E-learning

E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal.

Dengan adanya fasilitas E-learning ini tentunya lebih memudahkan para siswa dan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar karena mereka tidak harus berada didalam satu ruangan. Selain itu belajar dengan metode E-learning juga bisa dilakukan dimana-mana sehingga membuat kita lebih nyaman memilih tempat yang kita sukai.

3. Sistem pembelajaran berbasis multimedia

Sistem pembelajaran berbasis multimedia yaitu proses belajar mengajar yang mengandalkan fasilitas teknologi yang ada pada komputer untuk mengemas materi pembelajaran menjadi sebuah kesatuan yang melibatkan teks, gambar, video dan suara yang tentunya akan membuat guru atau pengajar menyampaikan suatu topik pelajaran menjadi lebih menarik. Selain itu para siswa juga tidak mudah bosan dengan pelajaran yang terlalu monoton karena pembelajaran berbasis multimedia ini umumnya lebih kreatif.

Menggunakan basis multimedia untuk belajar dan mengajar juga memudahkan para siswa untuk menangkap materi pelajaran karena pada umumnya proses pelajaran dengan media yang satu ini telah disertai dengan contoh berupa gambar atau video yang mempraktekan dengan benar. Artinya para siswa tidak musti berpikir dan berimajinasi mencari seperti apa bentuk yang diajarkan oleh guru.

4. Materi pelajaran bisa dikemas dalam bentuk CD

Cara yang satu ini mungkin sudah sering digunakan dalam proses belajar mengajar. Cara yang satu ini dilakukan dengan cara mengemas materi-materi yang akan dipelajari menjadi sebuah CD dan kemudian di copy sebelum dibagikan kepada para siswa. Sehingga para siswa masih bisa belajar dirumah dengan menggunakan CD yang telah diberikan tadi. Cara ini sangat efektif dilakukan karena lebih menghemat waktu dan bisa dilakukan ditempat lain selain disekolah.

Ternyata teknologi juga memiliki dampak negatif!

Diatas adalah contoh manfaat positif dari keberadaan teknologi khususnya dibidang pendidikan. Tetapi dengan perkembangannya yang sangat pesat ternyata teknologi juga menimbulkan dampak negatif yang tentunya akan merugikan penggunanya. Apa sajakah dampak negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi yang harus kita hindari agar kita tidak mengalami kerugian? Simak dibawah ini:

1. Ketergantungan terhadap hasil kerja teknologi

Dampak yang satu ini yaitu ketergantungan kita terhadap apa saja yang dihasilkan oleh teknologi. Misalnya saja yang terjadi kepada para pelajar, saat mereka diberi tugas oleh guru mereka maka mereka akan menyelesaikan tugas tersebut menggunakan bantuan internet sehingga lama kelamaan para pelajar ini ketagihan untuk menyelesaikan tugas dengan bantuan internet. Memang ini membuat tugas mereka lebih ringan, tetapi secara tidak langsung mereka akan menjadi orang yang malas belajar dan membuka buku karena mereka menganggap internet punya segalanya.

Pastinya hal seperti ini tidak boleh tertanam pada diri kita terutama para teman-teman pelajar sekalian. Ingat kita ini adalah penerus bangsa jadi kita harus giat belajar tanpa terlalu bergantung terhadap kinerja teknologi tadi. Memang dengan teknologi semuanya menjadi lebih mudah, tetapi bagaimana kalau suatu saat kita harus mengerjakan sesuatu dan saat itu kita tidak bisa mengakses internet? Inilah salah satu sebab kita harus belajar walau pun terknologi canggih sudah tercipta.

2. Terjadinya antisosial akibat penyalahgunaan teknologi

Dampak yang satu ini yaitu terjadi ketika sudah terlalu fanatik dengan teknologi sehingga dia merasa bahwa teknologi adalah satu-satunya hal yang penting dalam hidupnya, sehingga dia melupakan keadaan disekitarnya. Satu-satunya hal yang dapat menarik perhatiannya hanyalah teknologi. Akibat yang timbul ialah dia menjadi jarang berinteraksi dengan orang-orang yang berada di lingkungan sekitarnya, sehingga kemampuan interpersonal dan emosionalnya pun terhambat dan tidak akan berkembang. Dampak terburuk yang akan timbul, dia akan kesulitan untuk bersosialisi dan menjalin relasi dengan orang-orang di sekitarnya.

3. Mengganggu perkembangan anak dilingkungan kelas

Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti: kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan/ujian. Bermain HP saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya.

Dampak yang satu ini harus kita hindari karena ini berpengaruh terhadap pendidikan kita. Salah satu akibat dari dampak ini yaitu ketergantungan atau kebiasaan siswa untuk melakukan kecurangan didalam kelas melalui HP sehingga secara otomatis akan menciptakan generasi yang tidak jujur.

4. Efek radiasi

Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya, penggunaan HP juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen.

5. Dan masih banyak lagi dampak negatif lainnya

Selain dari beberapa dampak negatif diatas masih banyak lagi dampak-dampak negatif lainnya yang harus kita hindari. Seperti rawan terhadap tindak kejahatan, sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa, pemborosan, menjadikan siswa seorang pemalas, memudahkan anak-anak dibawah umur mengakses pornografi dan masih banyak yang lainnya.

Ternyata selain berguna bagi aktivitas kehidupan sehari-hari kita teknologi juga menciptakan dampak-dampak negatif yang bisa merusak kita. Tapi walau pun punya dampat negatif kita tidak akan mengalaminya apabila kita menggunakan teknologi dengan bijak dan benar serta sesuai prosedur yang ada.

Selain untuk melancarkan segala macam urusan teknologi juga memiliki banyak fungsi dibidang pendidikan seperti yang saya jelaskan diatas. Dengan begini tentunya akan tercipta para generasi yang berkualitas dan cerdas karena semasa mereka mengenyam pendidikan disekolah mereka selalu menggunakan Teknologi Cerdas. Dengan generasi yang cerdas tersebut maka akan tercipta juga sebuah negara yang makmur dan sejahtera.

Sekarang apa contoh barang yang berhasil terciptakan berkat adanya teknologi?

Pastinya sudah sangat banyak berbagai macam benda baik itu berupa benda diam atau pun benda bergerak yang telah berhasil dibuat berkat adanya teknologi. Mungkin dua buah gambar dibawah ini bisa dijadikan perwakilan untuk mewakili sekian banyak hasil dari adanya teknologi:





Coba kita bayangkan bagaimana bisa sekumpulan manusia terbang diudara menggunakan sebuah alat yang berbobot sangat berat tanpa adanya teknologi. Berarti teknologi memang sudah sangat berperan penting dalam segala penciptaan peralatan untuk membantu aktivitas manusia dibumi ini.

Dari tulisan diatas dapat kita simpulkan bahwa teknologi bisa menjadikan kita seorang yang sukses dan cerdas dan akan berguna bagi banyak orang dan bangsa serta negara. Memang teknologi memiliki dampak negatif yang bisa merusak diri kita tetapi tentu saja itu tidak akan terjadi apabila kita mentelaah dan menggunakan teknologi tersebut dengan bijak dan sesuai dengan ketentuan.

Mulai dari sekarang, mari kita manfaatkan teknologi untuk menjadikan kehidupan kita lebih baik. Mari kita jadikan teknologi bekerja dan bermanfaat bagi kita. Mari kita menggunakan teknologi dengan lebih bijaksana agar kita bisa menjadi orang yang cerdas dan membuat negara kita lebih maju dan makmur.

DAN MARI KITA MENJADI SESEORANG YANG CERDAS DENGAN CARA MEMANFAATKAN TEKNOLOGI CERDAS

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Review dengan judul Teknologi Cerdas untuk Masa Depan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://dosbok.blogspot.com/2012/12/teknologi-cerdas-untuk-masa-depan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Ribut Lidayat - Rabu, 05 Desember 2012

15 komentar untuk "Teknologi Cerdas untuk Masa Depan"

  1. di jaman dewasa ini banyak orang sudah serba tergantung dengan tekhnologi, saya setuju dengan abang, cerdas dalam pemanfaatan tekhnologi itu merupakan cara yang paling bijaksana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan :D
      Kita harus mempunyai prinsip "Jadikan teknologi bekerja untuk kita" :D

      Hapus
  2. keyboardnya keren amat gan..:D
    kyknya pernah di metro tv tuh..:D

    BalasHapus
  3. mampir kemari sambil meramaikan suasana :)

    BalasHapus
  4. Betul banget sob sepertinya ga habis2 ya sob ide mereka,yang aku bingung ada kacamata tembus pandang..hhddeecchh.

    BalasHapus
  5. betul gan, selalu ada sisi positif dan negatif dari setiap teknologi... ane stuju dg isi artikel di atas...

    BalasHapus
  6. yaaa terimakasih informasi teknologinya, sangat bermanfaat boss./
    sukses selslu bosss./// :D

    BalasHapus
  7. Apakah Anda memerlukan bantuan pinjaman? Apakah Anda pernah mencari cara untuk mendapatkan akses ke pemberi pinjaman pribadi? Apakah Anda pernah mencari pinjaman? Ini adalah kesempatan Anda untuk mendapatkan pinjaman. Pinjaman yang ditawarkan di tingkat murah dari 3%. Hubungi rashidloanfirm@yahoo.com untuk rincian lebih lanjut tentang pinjaman.

    BalasHapus
  8. Mencari pinjaman akses mudah dari
    Perusahaan pinjaman yang sah, Persetujuan Instan,
    Tidak ada jaminan, Low tingkat, pastikan Anda mengunjungi
    grup asuransi berlian ltd. Perusahaan pinjaman karena itu adalah hak yang
    Perusahaan pinjaman, kami menyediakan semua jenis pinjaman sebesar 2%.
    Jika Anda tertarik, Anda dapat menghubungi kami melalui email
    di: diamondinsurancegroupltd@gmail.com
    Hormat kami,
    Mrs Alexandra Williams.

    BalasHapus
  9. Cahya é uma das Loan Firm Companhias de empréstimo independentes líderes mundiais. Estamos bem e ao Longo estabelecida dos anos tem um bom desenvolvido entendimento de suas Necessidades e exigências individuais. Temos o compromisso de tratar nossos os clientes de forma justa e oferecer que é um serviço profissional, simpática e prestativa. Nossos procedimentos são projetados the caber-LHE, the garantir oferecemos que que um produto US atenda suas condições, as formalidades são reduzidas mínimo ao e, juntamente com A Nossa abordagem flexível the cada programa, certifique-se de concluir o seu pedido de empréstimo. Temos vindo a ajudar os clientes a fade e melhorar suas vidas por mais de 47 anos e estamos verdadeiramente Independente, estamos em uma uma oferecer posição única the Variedade de todos os empréstimos the tipos de empresas e indivíduos. US atender Objetivo Nosso é e sua financeiras Necessidades suas é muito importante Satisfação the nós. É isso que por nós temos que dar Crédito of a taxa de Juros de 2%, por favor, volte the nós Hoje, se você está em interessado nossos serviços.
    E-mail: cahya.creditfirm@gmail.com

    BalasHapus
  10. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly

    BalasHapus
  11. Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian bagaimana saya mendapat pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya sudah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan bahkan India. Aku merasakan sakit karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang Nicole Morgan dari NICOLE MORGAN KREDIT PERUSAHAAN, dan saya mengajukan pinjaman 800 juta, saya mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim langsung ke rekening bank saya dalam waktu 2 hari menerapkan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi Nicole Morgan di email-nya, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman kredit nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di Nicole Morgan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman, bijaksana sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, ibu kontak Nicole Morgan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman nicolemorganloan@gmail.com
    hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut dan guardiance hadijaboften2@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  12. Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya baik ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saya saat ini tinggal di sini di Indonesia. Saya seorang janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada Maret 2017 dan saya harus membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan kredit 3-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman bahwa ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
    Untuk orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tetapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapatkan pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan baik ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya menyarankan jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau ingin prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus